Macam macam Tanaman Hias dan Penjelasannya

MACAM MACAM TANAMAN HIAS BERDASARKAN KEINDAHAN , POLA TANAM DAN JENISNYA MENURUT PAKAR TANAMAN HIAS DAN PERKEBUNAN NASIOANAL.

Tanaman hias yanga bermacam macam warna dan corak merupakan jenis tanaman yang lebih mengutamakan aspek estetika dibandingkan dengan aspek – aspek lain. Jika tanaman hias perindang dimanfaatkan untuk memperindang lingkungan sesuai dengan ukuran dan kanopi yang dimiliki;maka tanaman hias sesuai dengan namanya merupakan jenis tanaman yang dimanfaatkan untuk hiasan.

Jenis tanaman ini biasanya memiliki penampilan yang menarik mulai dari penampilan daun yang bermacam macam rupa, bunga yang beraneka warna,batang yang beraneka bentuk hingga hal – hal lain yang juga menawarkan nilai estetika. Cukup berbeda dari tanaman dengan fungsi lain seperti tanaman perindang; tanaman hias biasanya berukuran cukup kecil dan membutuhkan ruang untuk ditanam serta tumbuh yang minimal. 

Penjelasan singkat tentang Tanaman Hias


Tanaman hias biasanya dimanfaatkan untuk mempercantik ruang ataupun meningkatkan nilai estetika ruang atau lokasi dimana tanaman tersebut ditanam atau ditempatkan. Secara teknis; tanaman hias didefinisikan sebagai semua jenis tanaman yang dengan sengaja ditanam untuk keperluan menghias ruang, taman, kebun ataupun melengkapi tampilan busana hingga membuat karangan bunga. 

Konteks umum dari penjelasan tanaman hias adalah jenis tanaman yang dimanfaatkan untuk kesan dan fungsi keindahan serta estetika; termasuk di dalamnya macam macam  tanaman yang memiliki aroma untuk mengharumkan ruangan. 

Dalam konteks arsitektur landskap,dijelaskan bahwa tanaman hias merupakan salah satu bagian penting dalam menciptakan tampilan yang estetis. Kombinasi dari beberapa jenis tanaman seperti tanaman perdu, rumput, tanaman bertajuk serta tanaman bunga dapat diatur dalam sebuah lahan guna menghasilkan taman yang menarik dan indah dipandang. Beberapa jenis tanaman hias dapat pula memiliki nilai fungsional seperti dimanfaatkan untuk tanaman perindang ataupun dijadikan pagar hidup.

Berikut Macam macam tanaman hias berdasar bentuk, penempatan hingga jenis dari tanaman tersebut serta penjelasan secara singkat. 


Tanaman Hias Perdu



Berikut Penjelasan Singkatnya:
Tanaman hias berbentuk perdu memiliki ukuran kecil dan tumbuh dekat di tanah dengan karakter tumbuh rimbun. Beberapa macam tanaman hias perdu memiliki daun atau bunga dengan bentuk dan warna yang menarik. Tanaman macam ini cocok digunakan sebagai elemen membuat taman bunga ataupun dimanfaatkan sebagai pagar hidup atau pembatas ruang dan lahan. 

Tanaman Hias Berbatang

Berikut Penjelasan Singkatnya:
Tanaman hias berbatang memiliki bentuk yang jelas sebagai sebuah tanaman atau pohon dengan memperlihatkan bagian batang, daun dan terkadang juga bunga. Palem hias merupakan salah satu macam tanaman hias berbatang yang lazim ditanam di taman dan juga cukup populer. Beberapa jenis tanaman tertentu juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias bertipe batang karena memiliki bentuk yang unik seperti bonsai tanaman serut ataupun kemuning yang memiliki kombinasi batang, daun, bunga dan buah yang menarik.

Tanaman Hias Berbunga


Berikut Penjelasan Singkatnya:
Beberapa macam tanaman hias memiliki nilai estetika pada bagian bunganya; jenis ini lazim disebut sebagai tanaman hias berbunga. Mawar, soka ataupun bougenvil merupakan tanaman hias berbunga yang lazim ditemui dan ditanam di taman. Jenis tanaman lain memiliki nilai estetika pada bentuk ataupun warna daun yang dimiliki. 

Tanaman Hias Tidak Berbunga / Tanaman Hias Daun

Berikut Penjelasan Singkatnya:
Macam tanaman hias ini lazim disebut tanaman hias tidak berbunga. Suplir merupakan tanaman hias yang memiliki bentuk daun menarik; sedangkan sri rejeki memiliki motif dan warna daun yang dekoratif.

Metode menanam tanaman hias juga dapat dijadikan alasan membagi kategori tanaman hias. Tanaman hias yang ditanam langsung di tanah cocok ditanam di taman; ukuran yang besar dan bentuk yang unik biasanya menjadi syarat dari jenis tanaman hias yang langsung ditanam di tanah. 

Tanaman hias yang ditanam di pot dapat dibagi menjadi 2 kategori utama berupa pot yang diletakkan di bawah, ditempel di dinding ataupun digantung. Ukuran, jenis tanaman, daya tahan, kebutuhan cahaya serta nutrisi dan aspek estetika yang ditampilkan biasanya menjadi bahan pertimbangan untuk memilih metode menanam tanaman hias dalam pot. Anggrek epifit lazimnya ditanam dalam pot gantung ataupun ditempelkan ke media atau dinding; cara hidup dari jenis tanaman anggrek serta kebutuhan perawatan dari tanaman tersebut menjadi alasan dari metode menanam yang paling ideal.

Demikian penjelasan singkat Macam macam tanaman hias dan penjelasannya.

Untuk menambah Pengetahuan tentang Tanaman Hias Silahkan Berkunjung Ke artikel Lainnya:


 Mawar

Macam macam Tanaman HIas bunga yang banyak di budidayakan disebabkan memiliki keindahan Bunganya,Keindahan Daunnya dan keunikan batangnya.




5 jenis Tanaman Hias dan Daun yang mempunyai Pesona keindahan Luar biasa , merawat dan memeliharanya membuat Hati semerbak berbunga bunga.



10 tanaman hias

5 Tanaman Herbal Yang Paling Banyak Manfaatnya

5 jenis Tanaman Herbal ini banyak dipelihara dan ditanam di sekitar rumah karena memiliki khasiat utama untuk pengobatan alami,apa saja tanaman tersebut…???.








Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Macam macam Tanaman Hias dan Penjelasannya"