5 Tanaman Bunga dan Penjelasannya Secara Terperinci

Tanaman Bunga Hias Dan penjelasannya

Istilah bunga hias atau tanaman hias bunga mungkin sudah tidak asing didengar. Namun, apa pengertiannya? Bunga hias merupakan bunga yang memiliki bentuk dan warna indah. Jenis tanaman ini bisa ditanam di luar ataupun di dalam ruangan. Tujuannya untuk menghadirkan kesan keindahan yang menarik. Ringkasnya jenis tanaman hias ini berfungsi menciptakan keindahan dengan daya tarik pada suatu obyek.

Daya tarik bunga yang satu dengan bunga lain tentu tidak dianggap sama oleh semua orang. Cukup wajar karena masing-masing memiliki penilaian dan persepsi sendiri. Akan tetapi, selama suatu varietas bunga memiliki warna menarik, bentuk apik, dan aroma yang memikat sudah bisa dikategorikan sebagai bunga tanaman hias.

Tanaman Hias Bunga dan Pnjelasannya

Tanaman hias (Ornamental plant) pada umumnya dikembangbiakkan dengan 2 cara, yaitu secara generatir (kawin) atau vegetatif (tidak kawin). Sebenarnya tanaman hias tidak hanya hadir dalam bentuk bunga saja. Ada tanaman hias daun yang mempunyai bentuk dan warna indah. Hanya saja tanaman hias bunga menjadi pilihan favorit.

Seringkali bunga dijadikan simbol kasing sayang. Jadi sangat wajar bila sebagian besar memilih menunjukkan rasa sayang atau cinta dengan memberi bunga. Tanaman hias bunga pada umumnya juga memiliki aroma wangi semerbak. Tidak heran bila banyak yang suka. Sedangkan tanaman hias daun mungkin bisa dikatakan unggul karena bentuk dan warna daun yang beda dari daun kebanyakan. Meskipun demikian baik tanaman hias bunga ataupun daun memiliki penggemar masing-masing.

Jenis Bunga Hias dan Penjelasannya

Seiring dengan perkembangan yang ada, bunga hias sekarang ini identik dengan tanaman yang memiliki bunga, daun, cabang, tangkai, akar, dan pastinya memiliki aroma yang memikat. Sehingga dari nilai estetika didapati nilai seni tinggi. Secara lokal ataupun non lokal ada cukup banyak variasi dan ragam jenis.

Dari segi ekonomis nilainya terbilang tinggi sehingga memang menjanjikan untuk dibudidayakan. Tujuan utama memiliki tanaman hias ini utamanya benar untuk dinikmati keindahannya, namun beberapa jenis diketahui memiliki manfaat lain dan nilai jual tinggi.

Adapun manfaatnya cukup beragam mulai dari manfaat di sisi lingkungan, ekonomi, dan seni. Manfaat dari sisi lingkungan misalnya keberadaan tanaman hias turut membuat lingkungan sekitar terasa lebih segar dan teduh, menjaga kebersihan udara, dan memberikan area serapan air.

Dari sisi ekonomi jenis tanaman ini membuka peluang usaha baru yang menjanjikan, terlebih untuk penjualan tanaman hias bunga yang bermutu sehingga bisa dijadikan salah satu komoditas untuk diperjual belikan dengan harga cukup tinggi. Sementara dari sisi seni keberadaan tanaman hias di lingkungan turut mempercantik keindahan, mengisi ruang kosong agar terlihat lebih hidup, dan menambah nilai estetika tentunya.

Macam-Macam Bunga Hias dan penjelasannya

Begitu banyak macam bunga hias yang bisa dipilih untuk dibudidayakan. Adapun berikut diberikan beberapa diantaranya yang cukup populer, yaitu:

·                     Orchid


Orchid atau anggrek merupakan salah satu bunga yang banyak tersebar di daerah tropika basah. Bunga ini memiliki bagian-bagian yang cenderung tebal dan sukulen atau berdaging sehingga dapat bertahan saat ketersediaan air menipis.

·                     Anthurium Bunga


Ada 2 jenis anthurium, yakni anthurium daun dan anthurium bunga. Anthurium bung hadir dengan bunganya yang beragam baik yang didapat dari hasil spesies atau hibrid. Jenis bunga ini kerap pula dijadikan bunga potong.

·                     Lily


Lily dikenal pula sebagai bunga bakung. Terdapat bermacam warna bunga lily, mulai warna putih, jingga, kuning, merah, merah muda, ungu, warna tembaga, bahkan ada pula yang nyaris berwarna gelap hitam. Ada pula bunga hias lily bercorak bintik-bintik.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "5 Tanaman Bunga dan Penjelasannya Secara Terperinci "

Post a Comment