5 Jenis Tanaman Hias Daun dan Bunga Yang Bikin Hati Berbunga bunga

Jenis Tanaman Hias

Jenis tanaman hias secara umum bisa dibedakan menjadi 2, yaitu daun dan bunga. Apapun jenisnya, baik tanaman hias daun atau tanaman hias bunga sebenarnya memiliki fungi sama. Fungsi utamanya tidak lain untuk menambah keindahan di dalam atau di luar ruangan.

Ada banyak jenis tanaman cantik yang bisa dipilih untuk menghiasi taman dan juga mempercantik interior ruangan. Akan tetapi, ternyata masih banyak yang bingung memilih tanaman hias. Salah satunya karena kendala pengetahuan tentang jenis apa saja yang bisa dipilih. Sehingga tidak jarang seseorang malah asal memilih tanaman hias.

Apapun pilihannya, jenis tanaman yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan desain taman dan ruangan agar terlihat asri serta berpadu serasi. Selain itu, dirasa penting untuk membekali diri dengan informasi seputar jenis-jenis tanaman hias yang dapat dipilih. Yuk cari tahu!

Jenis-Jenis Tanaman Hias

1.Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun merupakan tanaman hias yang mana bagian daunnya memiliki keunikan tersendiri. Bila pada umumnya daun tumbuhan berwarna hijau dengan bentuk tulang daun menyirip atau menjari, maka beda dengan tanaman hias daun. Jenis tanaman hias ini hadir dengan suguhan bentuk dan warna daun yang menarik. Berikut beberapa jenisnya:

·  Aglaonema


Tanaman hias daun ini tampil menarik dengan bentuknya yang lonjong dan warna yang kaya. Warna daun hijau berhiaskan bintik-bintik dan disetai garis abu-abu keperakan. Tanamah hias daun ini dikenal pula dengan nama Sri Rejeki. Termasuk tanaman yang mudah ditanam tanpa harus melakukan perawatan intensif. Hanya saja untuk tumbuh subur mesti ditanam di lingkungan lembab dengan cahaya tidak langsung. Jadi hati-hati, saat kemarau atau cuaca terlalu panas tanaman mudah layu.

· Suplir


Tanaman hias ini memiliki daun yang cantik dari berbagai jenis dan varietas. Ukuran daun memang terbilang kecil, namun dapat menyuguhkan suasana segar. Dibanding jenis tanaman hias lain, suplir cukup sulit dipelihara karena perlu lingkungan lembab dengan udara bersih. Tanaman ini pun hanya membutuhkan sedikit cahaya. Untuk itu,sebaiknya ditempatkan di lingkungan teduh.

·  Dieffenbachia

Tanaman hias daun ini sering disebut daun bahagia. Termasuk tanaman yang mudah dirawat. Tanaman bisa bertahan di dalam ruangan untuk waktu tertentu. Tanaman hias daun bahagia memiliki daun berwarna gelap dengan berkas-berkas warna lebih terang di bagian tengahnya. Hanya saja hati-hati dengan getah daunnya yang bisa membuat gatal.

2.Tanaman Hias Bunga

Bila sebelumnya ada tanaman hias daun, maka lain lagi dengan tanaman hias bunga. Tanaman hias jenis ini menghadirkan bunga sebagai salah satu keunggulannya. Adapun berikut beberapa jenisnya:

·  African violets


Tanaman hias ini hadir dengan warna bunga yang indah. Pada umumnya bagian bunga berwarna biru dengan daun sedikit berbulu. Namun, ada pula bunga yang berwarna merah lembayung atau merah jambu keputihan. Tanaman hias jenis ini menyukai lingkungan lembab dan tidak berangin. Termasuk tanaman yang tidak tahan dengan cahaya matahari langsung, sehingga perlu rutin disiram. Air siram yang digunakan mesti air hangat yang sebaiknya tidak sampai memercik ke bagian daun.

· Begonia



Tanaman hias bunga Begonia memiliki bentuk mungil yang dapat terus berbunga sepanjang tahun. Bunganya cukup bervariasi. Ada bunga berwarna putih hingga merah merona dengan daun bulat berwarna hijau mengkilat. Saat menyiram bagian daunnya memang tidak boleh kena air. Namun, meskipun demikian bunga Begonia ini biasanya dibungkus dengan mos basah karena termasuk jenis tanaman hias yang senang udara lembab.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "5 Jenis Tanaman Hias Daun dan Bunga Yang Bikin Hati Berbunga bunga"

Post a Comment