10 Tanaman Bunga Hias Yang Wajib Dimiliki

Bunga Hias / Tanaman hias bunga

Pengertian bunga hias atau tanaman hias yaitu berbagai jenis tanaman yang bisa dinikmati keindahannya baik keindahan yang dihasilkan oleh bunganya ataupun keindahan yang dihasilkan oleh daun , batang serta akar dari Bunga Hias atau tanaman hias itu sendiri.
Dari penjelasan tersebut bisa kita ambil kesimpulan bahwa Bunga Hias atau Tanaman Hias bunga bisa berupa tanaman bunga,Tanaman Daun yang memiliki aneka warna ,Tanaman Batang Besar yang dikerdilkan ( Bonsai ).

Beberapa jenis Buah-buahan juga masuk dalam katagori Bunga Hias jika memiliki Buah yang indah dan beraneka warna,
Sementara Bunga Hias dari akar biasanya diambil dari kultur akar tanaman besar yang mempunyai keindahan dan keunikan tertentu kemudian diberikan hiasan Daun Plastik sehingga jadilah Bunga Hias yang indah dan menawan.

Bunga Hias atau Tanaman Hias umumnya ditanam untuk memberikan serta menambahkan nilai keindahan baik di dalam ruangan ,di luar Ruangan ataupun di Taman-taman.

Pada beberapa Bunga Hias memiliki beberapa manfaat lain seperti Bunga Lavender yang mempunyai manfaat untuk mengusir Nyamuk dan serangga ,serta beberapa Jenis Bunga Hias atau tanaman Hias Bunga juga mempunyai manfaat untuk pengobatan.

Selain itu ada juga Bunga Hias atau Tanaman hias yang bermanfaat untuk Kecantikan serta Bunga Hias juga bermanfaat sebagai Bahan dasar pembuatan Minyak wangi.

Macam macam bunga hias / jenis bunga hias

Macam macam Bunga Hias atau Jenis Bunga hias bisa dikelompokan  kedalam beberapa kriteria dimana Tiap kriteria Memiliki Fungsi dan Manfaat masing masing .pengelompokan jenis bunga hias itu sendiri bisa kita bagi dalam 3 Kelompok berikut :

A.Macam macam Bunga Hias Berdasarkan keindahannya

B. Macam macam Bunga Hias Berdasarkan Pola Tanam

C. Macam macam Bunga Hias Berdasarkan Media Tanam

Tiap tiap bagian akan kami uraikan satu persatu untuk mengenal lebih jauh Macam macam bunga hias atau jenis bunga hias secara lebih terperinci lagi, kami juga akan berusaha memberikan gambaran tentang Manfaat Bunga hias itu sendiri.

A.Macam macam Bunga Hias Berdasarkan keindahannya.

Bunga hias Berbunga

Bunga Hias Berbunga adalah bunga Hias yang dinikmati keindahan bunga nya,ciri khas dari jenis Bunga Hias ini adalah memiliki Bunga yang Beraneka warna dan bentuk,berikut ini adalah contoh Bunga Hias Berbunga:

1.Bunga Mawar


Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. 

Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5–15 cm dengan dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. 

Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Bunganya terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Di antarawarna yang dimiliki oleh mawar adalah putih, merah muda, kuning dan biru pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.


  • Manfaat Bunga Mawar

  • ·        Bahan pembuatan Farfum / Minyak wangi
  • ·        Untuk Terapi dan Relaxsasi
  • ·        Menjaga kesehatan mata dan Rambut
  • ·        Menurunkan tekanan darah
  • ·        Mengobati Kaki Bengkak.


2.Bunga Melati



Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Terdiri dari sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah beriklim tropis dan hangat dari Eurasia, Australasia dan Oseania.

Melati secara luas dibudidayakan untuk aroma khas bunga mereka. Di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai "puspa bangsa" atau simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini.

Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda. Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir (J. officinale). 

Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah untuk melati adalah Menuh (Bali), Meulu atau Riwat (Aceh)[1], Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor), Melati Salam (UMI), Malete (Madura) serta Beruq-beruq(Mandar).

Di Italia, melati casablanca (Jasminum officinalle), yang disebut Spanish Jasmine ditanam tahun 1692 untuk dijadikan parfum. Tahun 1665 di Inggris dibudidayakan melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de Medici. Dalam tahun 1919 ditemukan melati J. parkeri di kawasan India Barat Laut yang kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923
·        
  • Diantara manfaat Bunga Melati

  • ·        Bahan dasar pembuatan minyak wangi
  • ·        Bisa digunakan mengobati batuk,pilek,demam dan sakit kepala
  • ·        Untuk Terapi dan Relaxsasi


3.Bunga Hias Alamanda


Allamanda cathartica adalah tanaman hias yang umum disebut sebagai bunga alamanda dan juga sering disebut sebagai bunga terompet emas, bunga lonceng kuning, Bunga alamanda berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan dan banyak ditemukan di Brasil di mana bunga ini umum digunakan sebagai hiasan karena bentuknya yang indah.[1]

Ciri-ciri

Tanaman alamanda termasuk dalam golongan perdu berkayu dengan tinggi yang dapat mencapai 2 meter.[Tanaman ini bersifat evergreen (hijau sepanjang tahun). Batangnya yang sudah tua akan berwarna cokelat karena pembentukan kayu, sementara tunas mudanya berwarna hijau. Daunnya memiliki bentuk yang melancip di ujung dengan permukaan yang kasar dengan panjang 6 hingga 16 cm.Selain itu daun alamanda pada umumnya berkumpul sebanyak tiga atau empat helai. Bunga alamanda berwarna kuning dan berbentuk seperti terompet dengan ukuran diameter 5-7.5 cm.Tanaman ini memiliki bunga yang harum.

Habitat

Alamanda dapat ditemukan pada daerah sekitar sungai atau tempat terbuka yang terkena banyak sinar matahari dengan hujan yang cukup dan kelembaban tinggi sepanjang tahun.Tanaman ini tidak mampu tumbuh pada tanah yang bergaram atau terlalu basa dan tanaman ini juga tidak tahan suhu rendah. Suhu -1 °C dapat mematikan tanaman tersebut karena tanaman ini sangat sensitif terhadap suhu dingin.
Alamanda tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga pada intensitas matahari penuh tanpa halangan. [3] Jika diberi halangan maka produksi bunganya menurun.Tanaman ini tumbuh baik dengan kondisi tanah berpasir, kaya bahan organik, serta beraerasi baik.Secara keseluruhan, alamanda adalah tanaman yang mudah tumbuh pada kondisi yang sesuai sehingga pada beberapa daerah juga dipandang sebagai gulma.
Iklim yang tepat untuk pertumbuhan alamanda adalah daerah dengan iklim tropis. Pada daerah dengan iklim tropis, alamanda dapat tumbuh hampir di sebagian besar lingkungan dengan laju pertumbuhan yang cukup cepat.Di habitat aslinya, alamanda hidup pada ketinggian 0-700 meter dari permukaan laut (dpl) dengan curah hujan 1000 hingga 2800 mm per tahun.Karena pertumbuhannya yang cepat, alamanda umum digunakan sebagai ornamen untuk menghias pagar dan tembok.
sumber  : Wikipedia.org

  • Diantara Manfaat Alamanda

  • ·        Menyembuhkan Penyakit Hati
  • ·        Menetralkan Radikal Bebas
  • ·        Membunuh Bakteri
  • ·        Mempercantik Interior




2. anthurium



Tanaman anthurium adalah jenis tanaman hias yang berasal dari dataran Amerika, tepatnya dari daerah Amazon yang memiliki iklim tropis. Dimana indonesia sendiri juga merupakan daerah tropis, sehingga tanaman yang satu ini juga bisa tumbuh subur jika ditanam di wilayah Indonesia.
Daya tarik utama dari anthurium terdapat pada bentuk daunnya yang indah, unik, dan bervariasi. Pada umumya daun yang dimilikinya memiliki warna hijau tua dengan urat dan tulang daun besar dan menonjol. Sehingga membuat tanaman hias ini tampak kekar namun tetap memancarkan keanggunan tatkala dewasa.
Tanaman ini dulunya juga menjadi hiasan taman dan istana kerajaan-kerajaan di Jawa, sehingga dikenal sebagai tanaman para raja.
Secara umum sebenarnya anthurium dibedakan menjadi dua yaitu jenis anthurium daun dan jenis anthurium bunga. Anthurium daun memiliki daya pikat terutama dari bentuk-bentuk daunya yang istimewa. Sedangkan anthurium bunga lebih menonjolkan keragaman bunga baik hasil hibrid maupun spesies. 
Biasanya jenis anthurium bunga dijadikan untuk bunga potong. Akan tetapi yang dibahas kali ini adalah cara budidaya tanaman hias daun anthurium

C.Bunga hias Batang / Tanaman Hias Batang

Tanaman hias batang adalah tanaman yang memiliki daya tarik pada bagian batangnya, yang mana daya tarik tersebut timbul karena ditemukannya keunikan dan keindahan pada bagian batang dari tanaman tersebut.Tanaman Hias Batang ini lebih dikenal dengan Nama Bonsai.umumnya tanaman jenis ini dibentuk dari tanaman besar yang dikerdilkan.
Contoh Tanaman Hias Batang: bambu air, bambu kuning, kamboja, kaktus, palem bambu

Bonsai



Pohon bonsai beringin merupakan tanaman hias batang. Bonsai adalah tanaman kerdil yang umumnya ditanam dalam pot dangkal. Secara keseluruhan sebuah bonsai merupakan miniatur dari pohon tua yang agung di alam bebas yang disempurnakan. Lebih dari itu sebuah bonsai melambangkan keharmonisan dari alam semesta yang unsur utamanya terdiri dari langit, bumi dan manusia.

Hal ini tercermin dari bentuk bonsai yang selalu merupakan segitiga a simetris. Titik tertinggi melambangkan langit, titik terendah melambangkan bumi sedang yang tengah melambangkan manusia

Kamboja



Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tengah. NamaPlumeria diberikan untuk menghormati Charles Plumier (1646-1706), pakar botani asal Perancis. Walaupun berasal dari tempat yang jauh, kemboja sekarang merupakan pohon yang sangat populer di Pulau Bali karena ditanam di hampir setiap pura serta sudut kampung, dan memiliki fungsi penting dalam kebudayaan setempat. Di beberapa tempat di Nusantara, termasuk Malaya, kemboja ditanam di pekuburan sebagai tumbuhan peneduh dan penanda tempat. Kemboja dapat diperbanyak dengan mudah, melalui stek batang.

Bambu kuning



Bambu Kuning sering kita jumpai di halaman rumah bagian depan maupun belakang sebagai penghias halaman tersebut sekaligus pagar pelapis setelah pagar besi, selain membawa kesan alami halaman yang ditanami bambu kuning terasa segar karena dapat menyaring polusi disekitar halaman tersebut.


Bambu kuning ini banyak sekali peminatnya karena memiliki daya tarik dari segi warna dan bentuknya yang sangat menarik, maka tanaman yang satu ini digolong pada jenis tanaman hias juga. Namun dibalik keindahan dan keunikan itu semua bambu kuning memilki manfaat dan khasiat yang luar biasa besarnya bagi tubuh manusia.


 D.Bunga hias Akar

Tanaman hias akar adalah tanaman yang mempunyai keunggulan pada bahagian akarnya. Seperti akar untuk penopang tanaman berada di bawah tanah. Akan tetapi selalu tidaK demikian karena ada akar yang berada di atas tanah bukan akar udara tetapi merupakan pembesaran akar yang ada didalam tanah.
Dengan demikian keberadaan akar tersebut adalah persis di atas tanah. Akar ini tampak seperti papan yang melintang, sangat serasi sekali berpadu dengan batang dan daunnya.
Untuk memperoleh akar seperti demikian membutuhkan waktu yang lama mungkin lebih dari 10th. Pada awal-awal pertumbuhan tanaman kelompok ini belum menmpakan akar yang besar dibahagian bawah batang.
Tanaman yang termasuk kelompok ini adalah Ficus benyamina, Ficus elastica, Canarium spp., dan beberapa yang lainnya

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "10 Tanaman Bunga Hias Yang Wajib Dimiliki"

  1. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat untuk memilih jenis tanaman hias yang paling cocok ditanam sesuai kondisi ruang di tiap rumah.

    Kunjungi juga http://id.wondroushouse.net/ yang berisi informasi tentang desain rumah yang menakjubkan dari berbagai negara untuk menambah referensi ketika ingin mendesain rumah dan juga referensi peletakan tanaman hias di rumah.

    Follow juga ig kami di wondroushouse.id

    Terima kasih, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete